Pesona Lele (Program Edukasi Masyarakat Budidaya dan Cinta Ikan Lele) Sebagai Program Multidisiplin KKN UNDIP Tim II Tahun 2018 Desa Purwogondo

 

Pesona Lele diangkat berdasarkan potensi yang ada di Desa Purwogondo. Selain itu, juga berdasarkan rencana program yang telah disusun oleh 9 mahasiswa KKN Tim II Desa Purwogondo dimana berasal dari tiga fakultas dan jurusan yang berbeda yaitu, administrasi publik, ilmu pemerintahan, kelautan, perikanan, teknik elektro, telnik lingkungan dan kedokteran umum. Perbedaan disiplin ilmu inilah yang menjadi peluang untuk dijadikan program multidisiplin dengan konsep tujuan pembangunan berkelanjutan. Acara edukasi ini bertempat di rumah Bapak Carik (sekretaris desa) selaku pengelola kolam lele Desa Purwogondo.

Maksud dan tujuan dari program ini adalah untuk membantu masyarakat dalam mengelola kolam terpal untuk budidaya ikan lele. Pembinaan dilakukan secara intensif kepada kelompok masyarakat sehingga manfaatnya dirasakan secara maksimal.

Edukasi budidaya lele yang diberikan berupa Manfaat kompos dalam budidaya ikan lele dan cara membuatnya, pemberian tepung ikan berprotein tinggi sebagai pakan tambahan pada ikan lele, gerakan memasyarakatkan makan ikan (gemar ikan), pengelolaan kolam bersih dan sehat, inovasi pemasaran ikan lele dengan media online, tambahan bahan pangan pada stik tulang ikan lele, manajemen kualitas air kolam ikan lele, dan pemberdayaan Kelompok Peternak Lele RT 19.

Kegiatan ini ditujukan kepada kelompok masyarakat Desa Purwogondo yang tertarik dalam budidaya ikan lele. Kemudian dipilih satu masyarakat untuk dikembangkan yaitu milik Pak Mu’Alim RT 19/RW 03.

Dalam pelaksanaan progam ini, mahasiswa KKN Tim II Desa Purwogondo tidak hanya memberikan edukasi mengenai budi daya ikan lele. Namun, mahasiswa KKN ikut terlibat mulai dari awal proses pembuatan kolam, pelepasan bibit lele, pemberian pakan bibit lele, hingga pemantauan perkembangan dan pertumbuhan ikan lele tersebut.

Kegiatan ini dimulai dari proses koordinasi Tim II KKN Undip dengan pengurus desa yang mendapatkan bantuan kolam terpal untuk budidaya lele namun belum mengatahui teknis dalam melakukan budidaya. Tim II KKN Undip selanjutnya melakukan survey lapangan untuk menentukan lokasi terbaik untuk budidaya ikan lele. Setelah melakukan survey, dipilihlah pekarangan rumah Pak Mu’Alim berdasarkan letaknya yang strategis dan efektif. Lokasi rumah pak Mu’Alim terletak di RT 19/RW 03. Setelah itu dilakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian dan Perkebunan mengenai cara terbaik dalam memasang kolam terpal. Setelah koordinasi, wawancara dan pengumpulan data maka diperoleh hasil akhir dalam memasang kolam terpal. Setelah memasang kolam terpal Tim II KKN melakukan persiapan kolam dengan menambah kompos dan nutrisi berupa pelepah pisang. Tim II KKN bersama masyarakat dan Dinas Pertanian dan Perkebunan menebar benih ikan lele yang sudah ditreatment sedemikian rupa untuk menekan angka kematian. Tim II KKN terus melakukan peninjauan untuk melihat perkembangan ikan lele. Upaya-upaya terus dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Harapannya, setelah dilaksanakannya program Pesona Lele dari mahasiswa KKN Tim II ini, Masyarakat Desa Purwogondo bisa mengembangkan budidaya lele secara mandiri. Selain itu, diharapkan masyarakat tertarik untuk terjun dalam budidaya ikan lele.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan